BLANTERWISDOM101

Inilah 10 Fakta Unik Tentang Tikus yang Jarang Diketahui Orang Banyak

Saturday 13 April 2019

Tikus merupakan hewan mamalia yang termasuk dalam suku tikus-tikusan atau Muridae. Tikus termasuk hewan pengerat dari ordo Rodentia, filum Chordata. Biasanya tikus ditemukan hampir di seluruh belahan dunia kecuali Antartika. Tikus mampu menempati berbagai ekosistem dari hutan tropis hingga tundra.  

Biasanya tikus dianggap oleh sebagian orang sebagai hewan yang menjijikan dan jorok yang bisa mendatangkan berbagai penyakit. Mereka biasanya bersembunyi di tempat-tempat kotor seperti pada loteng, got, selokan, dan lain lain. 

Walaupun demikian, tikus sangat berguna pada rantai makanan untuk menyeimbangkan ekosistem. Tikus juga memiliki keunikan dan fakta-fakta menarik yang jarang diketahui khalayak ramai. Berikut ini fakta menarik tentang tikus yang telah saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya. 
  • Tikus dapat beradaptasi dengan cepat bahkan pada kondisi ekstrim sekalipun. Seekor tikus dapat bertahan hidup tanpa air lebih lama daripada seekor unta. Tikus juga mampu berenang 2/3 km di perairan seperti sungai, laut, danau, dll. 
  • Tikus berkembang biak sangat cepat. Tikus betina bisa melahirkan setiap 3 minggu sekali, bisa melahirkan 5-10 anak tikus. Anak-anak tikus tersebut bisa berkembang biak lagi pada usia 4 bulan. 
  • Tikus merupakan hewan pengerat, sehingga tidak heran gigi-gigi mereka sangat kuat dan tajam. Bahkan, tikus mampu menggrogoti kayu, aluminium, dan kabel listrik dengan sangat mudah. 
  • Gigi tikus tidak berhenti tumbuh. Setiap gigi depan tikus mampu tumbuh 12 cm per tahunnya. Maka dari itu, tikus harus menggrogoti kayu agar tidak mudah tumbuh dengan cepat. 
  • Tikus mempunyai daya ingat yang sangat baik. Sehingga mereka sangat hafal rute jalan yang mereka lalui. 
  • Tikus adalah makhluk sosial yang hidup secara berkelompok. Jika ada tikus asing, mereka bisa menjadi agresif. Tikus juga dapat depresi jika mereka hidup menyendiri. 
  • Tikus merupakan hewan yang cerdik menghindari perangkap. Meskipun ada banyak perangkap dan umpan didepan matanya, tikus bisa mengakali berbagai cara untuk menghindari perangkap dan umpan tersebut. 
  • Di pulau Jawa, ada Tikus Wirok (tikus raksasa) yang mudah ditemukan. Tikus itu memiliki bulu pendek dan kasar berwarna coklat kehitaman. 
  • Tikus Bambu Sumatra merupakan tikus terbesar dengan panjang 50 cm dan berat 4 kg. Tikus Bambu Sumatra biasanya makan tebu, kayu singkong/ketela, dan akar bambu. 
  • Tikus dapat mengembangkempiskan pembuluh darah pada ekornya untuk mengatur suhu tubuhnya. 
Kotor dan Menjijikan, tetapi tikus sangat hebat. Hewan seperti tikus ini mampu memiliki kemampuan dan keunikan yang luar biasa. Tanpa adanya tikus, ekosistem lingkungan hidup dapat terganggu. 
Share This :

13 comments

  1. Berkat artikel ini, sebelumnya saya selalu meremehkan tikus sebagai hewan perusak, tetapi sekarang saya mengagumi kemampuan tikus😕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, saya juga dulu phobia sama tikus sekarang saya memberanikan diri agar ga takut lagi, makasih udah berkunjung ^_^

      Delete
  2. Ada tips supaya tidak takut tikus gak gan? Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya dikasih saran ma temen buat beraniin megang tikus, walhasil sekarang saya ga takut" lagi sama tikus

      Delete
  3. Ada tips tidak gan, agar tikus tidak masuk kerumah?

    ReplyDelete
  4. Ini datanya dr mna kk bneran ta
    Bagus tampilannya
    Smgat ngeblognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari buku pelajaran, pemikiran sendiri, Wikipedia, dan Google mas

      Delete
  5. Berarti tikus ga pernah ompong dong kalau giginya selalu tumbuh

    ReplyDelete
  6. Setelah membaca artikel ini ternyata perkembangan tikus cepat sekali dan tidak diketahui orang banyak

    ReplyDelete
  7. tikus merupakan hewan yang paling seram

    ReplyDelete
  8. Obat tikus yg ampuh apa yah supaya tidak muncul di rumah atau di atap rumah.

    calonseo com

    ReplyDelete
close