BLANTERWISDOM101

Biografi Singkat Archimedes Seorang Matematikawan Terkenal

Tuesday 9 April 2019

Archimedes adalah seorang matematikawan, astronom, filsuf, fisikawan, dan insinyur berbangsa Romawi yang lahir di Sirakusa, Italia pada tahun 287 SM. Beliau merupakan anak dari ayah yang bernama Phidias yang juga merupakan seorang astronom Yunani Kuno. 

Archimedes merupakan orang pertama yang mendefinisikan sistem angka yang mengandung myriad (10000).Archimedes juga pernah mendefinisikan bilangan (π) phi.


 Bilangan (π) phi adalah perbandingan dari keliling terhadap diameter lingkaran. Dipilih simbol "π" karena "π" di Yunani, pelafalannya menyerupai huruf "p" singkatan perimeter (keliling lingkaran). Sejalan dengan perkembangan teknologi, penemuan bilangan π telah lebih dari 1 triliun digit dibelakang koma.

Archimedes menjadi terkenal karena pada suatu hari, ia diminta Raja Hieron II untuk menyelidiki apakah mahkotanya murni atau tidak. Saking seriusnya memikirkan masalah itu dengan sungguh-sungguh, beliau pun beristirahat dengan cara menceburkan dirinya dalam bak mandi umum yang penuh dengan air. Lalu, ia memperhatikan ada air yang tumpah ke lantai dan seketika itu pula beliau tahu jawabannya. Beliau pun melompat dan berlari-lari telanjang bulat sepanjang jalan ke rumahnya. Setibanya di rumah, ia lantas berteriak pada istrinya, "Eureka, Eureka" (Aku menemukannya).

Archimedes hanya perlu memperoleh jumlah kuantitas emas yang digunakan untuk membuat mahkota tersebut. Beliau berhasil menemukan cara mengetahui volume berat jenis benda tersebut dengan memasukkannya ke dalam air.

Tewasnya Archimedes yang mengegerkan publik pada tahun 212 SM karena dibunuh oleh seorang prajurit Romawi meskipun ada perintah dari Jenderal Romawi, bahwa ia tidak boleh dilukai. Saat tewas, Archimedes sedang mengerjakan persoalan geometri dengan menggambarkan lingkaran-lingkaran di atas tanah. Sebelum dibunuh, ia meneriaki pasukan Romawi yang lewat, "Jangan ganggu lingkaranku..."
Share This :

5 comments

close