BLANTERWISDOM101

Sifat Pemaaf Salah Satu Sahabat Rasulullah, Ibnu Mas'ud

Saturday 16 March 2019


Ibnu Mas'ud (Abdullah bin Mas’ud) adalah salah satu sahabat Rasulullah saw. yang senantiasa menghindari sifat-sifat tercela. Beliau termasuk kalangan As-Sabiqunal Awwalun (para sahabat nabi yang masuk islam di awal dakwah). Beliau juga pernah mengikuti dua hijrah, yaitu ke Habasyah dan ke Madinah.

Diantara sifat-sifat tercela yang dihindari Ibnu Mas'ud adalah dendam. Dan sifat terpuji yang dimiliki Ibnu Mas'ud, yaitu pemaaf. Sifat pemaaf Ibnu Mas'ud dikisahkan seperti berikut.

Suatu hari, Ibnu Mas'ud kecurian salah satu harta bendanya. Ibnu Mas'ud kemudian menginformasikan hal tersebut kepada sahabat-sahabatnya. Mendengar informasi tersebut, lantas sahabat-sahabat Ibnu Mas'ud marah. Mereka mengancam orang yang telah berani mencuri salah satu harta benda milik Ibnu Mas'ud. Mereka akan memberikan hukuman yang setimpal kepada pencuri tersebut.

Melihat sikap para sahabatnya, Ibnu Mas'ud berusaha meredakan emosi mereka. Ibnu Mas'ud kemudian berkata, "Sudahlah, kalian tidak perlu marah. Jika orang yang mencuri hartaku itu karena untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, semoga Allah SWT. memberikan keberkahan kepadanya dengan rezeki yang diperolehnya itu. Jika ia mencuri karena keberaniannya melanggar dosa, semoga perbuatan dosa ini yang terakhir baginya." 

Mendengar kata Ibnu Mas'ud, para sahabatnya hanya bisa terdiam dan berusaha mengendalikan diri.

Subhanallah, Mahasuci Allah atas sifat Ibnu Mas'ud yang pemaaf. Semoga kita bisa meneladani salah satu sifat Ibnu Mas'ud, dan selalu terhindar dari perbuatan yang mungkar dan tercela. Amin Ya Allah.
Share This :

1 comments

  1. Saya juga orangnya pemaaf kenapa gak masuk artikel hehe😝

    ReplyDelete
close