BLANTERWISDOM101

Indische Partij, Organisasi Politik Pertama di Indonesia

Friday 29 March 2019

Organisasi politik dan organisasi pergerakan nasional di Indonesia tidak muncul begitu saja. Awalnya, organisasi di Indonesia adalah organisasi etnis, kedaerahan, dan keagamaan. Banyaknya organisasi tersebut yang sering melakukan pertemuan, muncullah ide dari mereka untuk mengikat diri dalam organisasi yang bersifat nasional, tak terkecuali organisasi politik. Salah satu organisasi politik yang terkenal dimasanya, sekaligus sebagai organisasi politik pertama di Indonesia adalah Indische Partij. Apa itu Indische Partij? Kapan organisasi tersebut didirikan? Siapa saja anggotanya? dan apa tujuan mereka membuat organisasi tersebut? Semua sudah dirangkum dalam pembahasan kali ini.

Indische Partij adalah organisasi politik pertama di Indonesia yang dideklarasikan pada tanggal 25 Desember 1912. Organisasi ini didirikan oleh Douwes Dekker (Danudirjo Setiabudi), R.M Suwardi Suryaningrat, dr.Cipto Mangunkusumo. Tujuan didirikannya organisasi ini adalah untuk mengembangkan semangat dan jiwa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia.

Pada tahun 1913, Belanda mempersiapkan pelaksanaan perayaan 100 tahun pembebasannya dari Perancis. Belanda meminta bangsa Indonesia untuk turut serta dalam peringatan hari bersejarah bagi bangsa Belanda tersebut. Banyak tokoh-tokoh dari Indische Partij yang mengecam rencana Belanda tersebut. Kemudian salah satu pendiri organisasi Indische Partij, yaitu Suwardi Suryaningrat menulis sebuah artikel yang dimuat dalam harian De Expres, dengan judul "Als Ik een Nederlander was" yang artinya "Seandainya aku Orang Belanda".

Bagaimana mungkin bangsa terjajah seperti Indonesia harus merayakan kemerdekaan para penjajahnya? Pihak Belanda marah kepada Indische Partij karena aksi kecamannya. Akhirnya Douwes Dekker, R.M Suwardi Suryaningrat, dr.Cipto Mangunkusumo ditangkap dan diasingkan atau dibuang ke Belanda.

Pembubaran Indische Partij tenggelam sendiri seiring berpencarnya 3 Serangkai (Douwes Dekker, R.M Suwardi Suryaningrat, dr.Cipto Mangunkusumo) mengikuti nasib perjuangan masing-masing, mengingat organisasi ini juga tidak diresmikan oleh pemerintah.
Share This :

2 comments

  1. Saya jadi tau tentang Organisasi politik dan organisasi pergerakan nasional di Indonesia pertamakli di indonesia yang dilakukan oleh indische parjit.

    ReplyDelete
  2. Oh ternyata indische partij itu organisasi politik pertama, jadi inget pelajaran smp hehe

    ReplyDelete
close